Home / Traveling / Tips Menulis Artikel Traveling yang Harus Kamu Ketahui

Tips Menulis Artikel Traveling yang Harus Kamu Ketahui

Tips Menulis Artikel Traveling yang Harus Kamu Ketahui – Bagi sebagian orang, menulis menjadi kegiatan yang menyenangkan, ada pula yang menganggap menulis itu melelahkan. Kadang, kamu yang berpikir menulis itu melelahkan sebenarnya juga ingin menulis tentang apa yang sudah kamu alami. Namun, kamu merasa bingung harus mulai dari mana, padahal kamu merasa memiliki cerita yang menarik dari perjalananmu selama ini.

Tips Menulis Artikel Traveling yang Harus Kamu Ketahui

Jika kamu mau jadi travelling writer yang menginspirasi banyak orang, tenang kamu gak usah khawatir. Mendingan kamu ikutin nih IDN Times kasih cara atau tips menulis artikel traveling yang harus kamu ketahui. Jadi biar kamu tahu dari mana kamu harus memulai dan mengakhiri. Simak yuk!

Buatlah Tujuan!

Jika kamu merasa bingung dengan apa yang ingin kamu tulis, cobalah memikirkan tujuan suatu hal yang ingin kamu tulis. Contohnya, kamu ingin bercerita tentang kunjungan ke suatu tempat, kamu bisa memikirkan tujuanmu menulis hal tersebut. Salah satunya kamu sedang menulis mendaki gunung atau lari marathon 21K di Bromo. Tujuanmu adalah menceritakan proses lari dan bagaimana kamu dapat menyelesaikannya dengan baik. Kebanyakan pembaca lebih senang membaca hasil yang kamu capai.

Tulis Cerita yang Jelas

Cerita akan lebih menarik dan tersusun rapi jika kamu menulisnya dengan beberapa paragraf yang terdiri dari rangkaian kejadian yang ingin kamu ceritakan dalam satu perjalanan. Kamu bisa menceritakannya dengan kata-kata yang mengundang rasa penasaran di awal paragraf, kemudian mulailah dengan urutan perjalananmu misalnya Travelling adalah, travelling negara, dll. Lalu, buatlah event yang ingin kamu ceritakan di setiap paragraf. Jadi, cerita perjalananmu akan lebih menarik karena hampir setiap paragraf kamu menyematkan hal yang menyenangkan untuk disimak.

Buat Paragraf Utama Menarik

Hal yang perlu kamu lakukan saat menulis paragraf pertama adalah menambahkan kata-kata yang membuat pembaca penasaran membaca artikelmu. Kamu bisa memulainya dengan kalimat pertanyaan atau hal-hal yang mengejutkan pembaca. Kalimat tersebut bisa kamu lanjutkan di salah satu paragraf dalam tulisanmu.

Pikirkan untuk Menghibur, Bukan untuk Pamer

Ingat satu hal, kamu menulis cerita perjalanan bukan untuk pamer bahwa kamu pernah berkunjung ke tempat-tempat yang dianggap hebat. Kamu ingin memberikan hiburan untuk para pembacamu. Jadi, kamu bisa menceritakan hal-hal yang sederhana, tetapi menghibur para pembacamu.