Home / Ekonomi / Finansial adalah Hal Penting, Ini 3 Penjelasannya!

Finansial adalah Hal Penting, Ini 3 Penjelasannya!

Finansial adalah Hal Penting, Ini 3 Penjelasannya! Uang menjadi kebutuhan yang mendominasi sebagai alat tukar untuk memperoleh suatu barang. Tanpa uang, keinginan tidak selalu terpenuhi dengan mudah. Sehingga kebutuhan finansial ini menjadi salah satu prioritas utama.

Finansial adalah Hal Penting, Ini 3 Penjelasannya!

Pentingnya kebebasan finansial adalah saat seseorang benar-benar membutuhkan uang dalam keadaan terdesak tetapi tidak memiliki uang sama sekali. Hal ini sebenarnya memiliki 3 penjelasan yang dapat dirunut apakah finansial menjadi hal penting atau tidak. Penjelasan berikut dapat memberikan pertimbangannya.

Bukan Utama tetapi Ada

Ketika seseorang merasa segala sesuatunya menjadi hal penting, maka finansialmerupakan hal yang utama dan harus ada setiap saat. Hal ini tidak selalu dibenarkan. Mengingat jika menganggap finansial sebagai yang segalanya, maka segera menghilangkan hal ini. Sebab menjadikan uang di atas Tuhan, justru menjadikan diri tidak merasa aman bahkan selalu panik jika tidak memegang uang.

Maka memaknai finansial sebagai bukan hal utama tetapi ada lebih baik. Sebab hal ini akan membantu seseorang bebas finansial.

Finansial itu Pengganti

Alasan selanjutnya ialah finansial adalah pengganti. Menyadari bahwa segala seuatu dapat dipertukarkan akan dapat memaknai bahwa finansial bukanlah hal yang sangat penting yang memungkinkan untuk dikonsumsi. Sebab mengingat sejarah adanya uang di masa lalu belum ada, yang ada hanyalah barter.

Finansial bukanlah yang utama

Maka jika simpulkan secara sederhananya finansial merupakan suatu pengganti alat tukar. Tanpa ada finansial atau uang maka tidak masalah. Hanya mengubah pola pikir bahwa uang dapat digantikan dengan hal yang lain selagi fungsinya sama. Seperti saat tidak ada beras, tidak ada uang, ingin mengonsumsi karbohidrat, ada kentang atau ubi yang bisa dinikmati

Finansial itu Kecukupan Tanpa Tekanan

Pentingnya finansial adalah merasa cukup tanpa tekanan. Memang uang menjadi kebutuhan tetapi bukan yang utama. Dalam hal ini tidak bisa mengatakan bahwa orang yang kaya itu finansialnya baik. Justru dapat berarti sebaliknya.

Boleh jadi orang yang selalu khawatir dan tiada hari tanpa memperkaya uang masih tertekan dengan finansialnya. Semua hal itu dapat dijadikan cara memahami finansial adalah hal penting. Tetapi dalam hal tertentu dan tidak dapat dijadikan selalu dan setiap saat. Sehingga kebutuhan pendidikan finansial pun penting bagi Anda.